Indonesia Cities Names: Daftar Nama Kota-Kota di Indonesia

1. Jakarta

Jakarta, yang juga dikenal sebagai DKI Jakarta, adalah ibu kota Indonesia. Kota ini adalah kota terpadat di Indonesia dan juga salah satu kota terpadat di dunia. Dengan populasi lebih dari 10 juta jiwa, Jakarta adalah pusat pemerintahan, keuangan, dan bisnis di Indonesia. Selain itu, Jakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang terkenal seperti Monas, Ancol Dreamland, dan masih banyak lagi.

2. Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Dengan populasi lebih dari 3 juta jiwa, kota ini adalah pusat industri dan perdagangan di Jawa Timur. Selain itu, Surabaya juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai tempat dimulainya perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ada banyak tempat wisata di Surabaya, seperti Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah.

3. Medan

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia dengan populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di Pulau Sumatera dan merupakan pusat ekonomi di wilayah Sumatera Utara. Medan juga memiliki tempat wisata yang terkenal seperti Danau Toba, Masjid Raya Medan, dan Istana Maimun.

4. Bandung

Bandung adalah kota terbesar keempat di Indonesia dengan populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di Jawa Barat dan dikenal sebagai kota kreatif dan inovatif. Bandung memiliki banyak kampus universitas terkenal dan juga terkenal dengan wisata alamnya, seperti Kawah Putih dan Tangkuban Perahu.

5. Bekasi

Bekasi adalah kota terbesar kelima di Indonesia dengan populasi lebih dari 2 juta jiwa. Kota ini terletak di sebelah timur Jakarta dan merupakan kota satelit Jakarta. Bekasi adalah pusat industri dan perdagangan di wilayah Jabodetabek dan juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Waterboom Lippo Cikarang dan Taman Kota Bekasi.

6. Tangerang

Tangerang adalah kota terbesar keenam di Indonesia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di sebelah barat Jakarta, Tangerang adalah kota satelit Jakarta dan merupakan pusat industri dan perdagangan di wilayah Tangerang Raya. Kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Waterboom Pantai Indah Kapuk dan Taman Kota Tangerang.

  Cites Certificate Indonesia

7. Semarang

Semarang adalah kota terbesar ketujuh di Indonesia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di Jawa Tengah, Semarang adalah pusat industri dan perdagangan di wilayah Jawa Tengah. Kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Lawang Sewu dan Masjid Agung Jawa Tengah.

8. Palembang

Palembang adalah kota terbesar kedelapan di Indonesia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di Pulau Sumatera, Palembang adalah pusat ekonomi di wilayah Sumatera Selatan. Kota ini memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai ibu kota Kerajaan Sriwijaya dan juga terkenal dengan makanan khasnya, pempek.

9. Makassar

Makassar adalah kota terbesar kesembilan di Indonesia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di Sulawesi Selatan, Makassar adalah pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Pantai Losari dan Fort Rotterdam.

10. Depok

Depok adalah kota terbesar kesepuluh di Indonesia dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di sebelah selatan Jakarta, Depok adalah kota satelit Jakarta dan merupakan pusat pendidikan dengan banyak kampus universitas terkenal. Kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Rekreasi Wiladatika.

11. Batam

Batam adalah kota terbesar di wilayah Kepulauan Riau dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di Pulau Batam, kota ini merupakan pusat industri dan perdagangan yang penting di wilayah Kepulauan Riau. Batam juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Maha Vihara Duta Maitreya dan Pantai Nongsa.

12. Pekanbaru

Pekanbaru adalah kota terbesar di wilayah Riau dengan populasi lebih dari 1 juta jiwa. Terletak di Pulau Sumatera, Pekanbaru adalah pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah Riau. Kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Taman Wisata Alam Mayang dan Masjid An Nur.

13. Balikpapan

Balikpapan adalah kota terbesar di wilayah Kalimantan Timur dengan populasi lebih dari 700 ribu jiwa. Kota ini merupakan pusat industri dan perdagangan yang penting di wilayah Kalimantan Timur dan juga pusat minyak nasional Indonesia. Balikpapan juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Pantai Lamaru dan Taman Bekapai.

  Persyaratan Penangkaran Tokek | Cites Indonesia

14. Samarinda

Samarinda adalah kota terbesar kedua di wilayah Kalimantan Timur dengan populasi lebih dari 700 ribu jiwa. Terletak di sebelah utara Sungai Mahakam, kota ini merupakan pusat industri dan perdagangan yang penting di wilayah Kalimantan Timur. Samarinda juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Taman Budaya Kutai.

15. Padang

Padang adalah kota terbesar di wilayah Sumatera Barat dengan populasi lebih dari 800 ribu jiwa. Terletak di Pantai Barat Sumatera, Padang adalah pusat ekonomi dan perdagangan di wilayah Sumatera Barat. Kota ini juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat seperti rendang dan sate padang.

16. Malang

Malang adalah kota terbesar kedua di wilayah Jawa Timur dengan populasi lebih dari 800 ribu jiwa. Terletak di kaki Gunung Semeru, kota ini dikenal sebagai kota wisata dan pendidikan. Malang memiliki banyak tempat wisata yang terkenal seperti Bromo Tengger Semeru National Park dan Jatim Park.

17. Denpasar

Denpasar adalah kota terbesar di Pulau Bali dengan populasi lebih dari 800 ribu jiwa. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Bali. Denpasar juga terkenal dengan budaya dan wisata Bali yang kaya seperti Pantai Kuta dan Taman Ayun.

18. Mataram

Mataram adalah kota terbesar di wilayah Nusa Tenggara Barat dengan populasi lebih dari 400 ribu jiwa. Terletak di Pulau Lombok, kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Nusa Tenggara Barat. Mataram juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Pantai Senggigi dan Gili Trawangan.

19. Banjarmasin

Banjarmasin adalah kota terbesar di wilayah Kalimantan Selatan dengan populasi lebih dari 600 ribu jiwa. Kota ini terletak di sungai Martapura dan merupakan pusat perdagangan dan industri di wilayah Kalimantan Selatan. Banjarmasin juga memiliki beberapa tempat wisata seperti pasar terapung dan Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

20. Pontianak

Pontianak adalah kota terbesar di wilayah Kalimantan Barat dengan populasi lebih dari 600 ribu jiwa. Terletak di sungai Kapuas, kota ini merupakan pusat perdagangan dan industri di wilayah Kalimantan Barat. Pontianak juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Masjid Jami dan Taman Alun Kapuas.

21. Manado

Manado adalah kota terbesar di wilayah Sulawesi Utara dengan populasi lebih dari 400 ribu jiwa. Kota ini terletak di pantai Utara Sulawesi dan merupakan pusat perdagangan dan industri di wilayah Sulawesi Utara. Manado juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Bunaken National Park dan Danau Tondano.

  G Sites Login: Akses Mudah ke Platform Google Sites

22. Jambi

Jambi adalah kota terbesar di wilayah Jambi dengan populasi lebih dari 400 ribu jiwa. Terletak di Pulau Sumatera, kota ini adalah pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Jambi. Kota ini juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Taman Nasional Bukit Duabelas dan Air Terjun Telun Berasap.

23. Banjarbaru

Banjarbaru adalah kota terbesar kedua di wilayah Kalimantan Selatan dengan populasi lebih dari 200 ribu jiwa. Kota ini merupakan kota satelit Banjarmasin dan juga pusat perdagangan dan industri di wilayah Kalimantan Selatan. Banjarbaru juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Sungai Martapura dan Danau Seran.

24. Batu

Batu adalah kota kecil yang terletak di wilayah Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai kota wisata karena memiliki banyak tempat wisata seperti Jatim Park dan Museum Angkut. Batu juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Gunung Bromo dan Air Terjun Coban Rondo.

25. Singkawang

Singkawang adalah kota kecil yang terletak di wilayah Kalimantan Barat. Kota ini dikenal sebagai kota Cap Go Meh yang memiliki tradisi unik dalam merayakan Imlek. Singkawang juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Pantai Pasir Panjang dan Vihara Tri Dharma Bumi Raya.

26. Palu

Palu adalah kota kecil yang terletak di wilayah Sulawesi Tengah. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Sulawesi Tengah. Palu juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Taman Nasional Lore Lindu dan Danau Lindu.

27. Kendari

Kendari adalah kota kecil yang terletak di wilayah Sulawesi Tenggara. Kota ini merupakan pusat pemerintahan dan bisnis di wilayah Sulawesi Tenggara. Kendari juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Pantai Nambo dan Pantai Nirwana.

28. Madiun

Madiun adalah kota kecil yang terletak di wilayah Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai kota tempo dulu yang masih mempertahankan kebudayaan Jawa. Madiun juga memiliki beberapa tempat wisata seperti Museum Kereta Api Madiun dan Gunung Wilis.

29. Mojokerto

Mojokerto adalah kota kecil yang terletak di wilayah Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai kota sejarah karena memiliki banyak peninggalan sejarah seperti Candi Brahu dan Candi Bajang Ratu. Mojokerto juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Gunung Penanggungan dan Air Terjun Tretes.

30. Ambon

Ambon adalah kota kecil yang terletak di wilayah Maluku. Kota ini dikenal sebagai kota pesisir yang memiliki banyak pantai indah. Ambon juga terkenal dengan wisata alamnya yang indah seperti Taman Laut Pitu.

admin