CANGKANG KEPITING DRIEL CRAB SHELL

cangkang kepiting Driel crab shell
cangkang kepiting Driel crab shell

Cangkang kepiting driel crab shell – Limbah cangkang kepiting / rajungan (Portunus Pelagicus) di sentra produksi pengupasan kepiting ternyata bisa menghasilkan dollar. DI negeri china, bahan cangkang kepiting ini bisa di olah menjadi KHITIN dan KHITOSAN. Kitosan merupakan gula yang diperoleh dari rangka luar yang keras dari kepiting, lobster maupun udang.  Di dalam limbah cangkang kepiting ini mengandung POLIMER GLUKOSAMINA (khitin)

 

Cangkang kepiting Driel crab shell

 

Cangkang Kepiting Driel crab shell

Sayangnya proses daur ulang limbah cangkang kepiting ini belum dilirik oleh pemerintah Indonesia dan oleh exporter lebih senang mengirimkan limbah ini ke negeri china. Padahal nilai ekonomi dari pengolahan limbah cangkang kepiting sangat besar nilai ekonomisnya karena produk olahan cangkang kepiting ini bisa di gunakan untuk :
  • Pertama obat anti kolesterol,
  • obat pelangsing tubuh,
  • bahan pengawet makanan non kimia,
  • bahan campuran body scrub,
  • perban untuk menghentikan pendarahan,
  • Selanjutnya khitosan, yang ternyata efektif mempercepat proses epitelisasi,
  • kolagenisasi,
  • menghentikan perdarahan,
  • mencegah infeksi,
  • Terakhir Chitosan ini bisa dibuat salep untuk obat luka bakar.
  Agen EOA Gold Indonesia

Manfaat cangkang kepiting

Selama ini pengobatan luka bakar masih menggunakan obat antiseptik yang membutuhkan waktu lama dan belum tentu sempurna. Berbeda jika penyembuhannya dengan salep yang mengandung chitosan, selain luka bakar akan lebih cepat dalam proses epitelisasi dan kolagenisasinya, chitosan juga dapat menghentikan perdarahan dan mencegah infeksi.
Salep yang mengandung chitosan mampu menyembuhkan luka dengan waktu lebih cepat di bandingkan dengan salep tanpa chitosan. Salep chitosan juga menghasilkan penyembuhan yang kuat karena mampu menebalkan kolagen, sehingga kulit tidak mudah iritasi kembali. “Penggunaan salep chitosan menghasilkan jumlah fibroblas paling sedikit.
MANFAAT CANGKANG KEPITING , cangkang kepiting Driel crab shell

Kegunaan Chitosan cangkang kepiting

Hal itu menunjukkan chitosan telah menghasilkan penyembuhan sempurna karena semakin sempurna penyembuhan suatu luka, semakin sedikit jumlah fibroblasnya, sehingga luka tidak berbekas. Sebagai salep, chitosan juga tidak berbahaya ketika tertelan atau tercampur dalam makanan. Salep itu juga tidak berbau amis karena telah melalui proses demineralisasi. Chitosan bisa di jadikan bahan kaos penyerap keringat dan serbuk cangkang kepiting ini banyak mengandung kalsium sehingga bisa di olah menjadi tepung untuk membuat biskuit yang mengandung kalsium tinggi.
KEGUNAAN CHITOSAN , cangkang kepiting Driel crab shell

Manfaat Kitosan cangkang kepiting

Serat kitosan bisa di pakai sebagai materi tambahan untuk pembuatan kain tekstil karena mampu mempertahankan warna tekstil. Tepung khitosan ini bisa langsung kedalam tablet kapsul untuk dan bisa langsung di minum sebagai serat anti kolesterol.

Cangkang Kepiting Driel crab shell

Kitosan juga bisa di jadikan campuran pelitur untuk usaha mebel yang ramah lingkungan. kitosan dari limbah cangkang kepiting ini dapat di gunakan sebagai adsorben (menyerap) logam Cd (II) / cadmium pada air limbah.
MANFAAT CHITOSAN , cangkang kepiting Driel crab shell
Khitosan dapat di manfaatkan di berbagai bidang biokimia, obat-obatan atau farmakologi, pangan dan gizi, pertanian, mikrobiologi, penanganan air limbah, industri-industri kertas, tekstil membran atau film, kosmetik, pakan ternak, bahan pengganti minyak bumi dalam pembuatan plastik ramah lingkungan.
cangkang kepiting Driel crab shell

 

  PABRIK KAYU POLARIS ALMA DOOR

 

Apabila anda memerlukan bantuan untuk mengurus cangkang kepiting Driel crab shell,

Adi